Senin, 19 November 2012

0 Cara menginstal Windows 8


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

Meninstal Windows 8 di PC Anda dengan Aman dan Nyaman



Anda tentu tahu bahwa Microsoft telah merilis sistem operasi baru milik mereka, yakni Windows 8 yang sudah tersedia di situs resmi milik Microsoft. Eits.., namun ingat bahwa Windows 8 yang dimaksud jelas adalah Windows 8 Consumer Preview. Bagi Anda yang ingin mencoba, Anda harus mengetahui konsekuensinya terlebih dahulu agar Anda tidak menyesal di akhir.
Pertama, kita hanya bisa menggunakan Windows 8 Consumer Preview dengan Windows Seven yang sangat berpotensi atau bisa dikatakan akan menghapus semua data yang kita disimpan di Windows 7 ( kemungkinan ), dikarenakan kurang sempurnanya Windows 8 Consumer Preview ( terkadang akan ditemukan semacam bug ). Microsoft Windows tidak menyediakan apapun untuk menangkal atau mengantisipasi hal itu alias angkat tangan. Jadi, cara yang aman pasti sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang “ngebet” mencoba Windows 8, dan kali ini saya akan menjelaskan cara amannya.
`Dikutip dari CHIP, ada 2 cara untuk mendapatkan Windows 8 di komputer Anda, yaitu dengan cara menginstalnya di hard disk virtual atau di PC Virtual. Bedanya, saat kita menginstal Hard Disk Virtual, akan jauh lebih rumit namun akan lebih cepat ketimbang saat menggunakan PC Virtual. Untuk saat ini, Quinflyers akan menjelaskan cara dengan memakai Hard Disk Virtual yang seakan Anda seperti menginstalnya di hard disk fisik.
Namun ingat, bahwa cara ini hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Windows 7 dan bukan yang lain, dan pastikan bahwa hard disk Anda tidak terkunci oleh Bitloncker atau yang belum dapat dengan cara membuka file “System and Security” yang berada di opsi “Control Panel”. Kemudian cukup ketikan “disk” di kolom search lalu klik yang bertuliskan “Create and format hard disk partitions” yang bertujuan untuk membuka file Disk Management.
Buat sebuah partisi yang baru sebesar 30 GB dan “sumbangkan” 25 GB untuk Windows 8 VHD. Di Disk Management pilih opsi Action dan Create VHD setelahnya dan masukan partisi yang tadi telah dibuat ke kolom “lokasi” dan beri nama pada VHD baru, contohnya “Windows8QF”, “WinQF”, dll. Pilih “Dynamically Expanding”, tutup dengan cara klik “OK” di layar.
Akan muncul drive baru bertuliskan Unallocated yang Anda diharuskan untuk klik kanan dan memilih pilihan Initialize Disk supaya siap untuk digunakan. Oh ya, siapkan juga DVD WIndows 8 Anda yang sudah didownload di situs resmi Microsoft, next boot ulang komputer milik Anda. Tujuannya adalah untuk masuk ke menu BIOS ( Sistem Operasi ) dan mengubah DVD Drive – First Boot Device, dan di setup wizardnya tekan pilihan ‘Install Now’ lalu ‘Agree’ seperti Anda biasa mendownload, klik ‘Custom untuk Mode Instal agar kita dapat melihat semua hard disk yang sudah tersediakan oleh Windows.
Wah,, rumit?! Tapi tetap semangat dan jangan berhenti di tengah jalan! Oke, lanjut ke step rumit berikutnya. Tekan Shift+F10, dan sesuai perintah dari CHIP, ketikan perintah berikut :
  • diskpart
  • select-vdisk-file=x:\win8.vhd
  • attach-vdisk
Tutup dengan cara Alt+Tab lalu refresh pada Setup Wizard, dengan itu Anda bisa memilih hard disk virtual untuk menginstal Windows 8, tapi Anda harus mengetahui bahwa HDV akan muncul dengan nama “Disk 1″ bila Anda hanya mempunyai 1 hard disk fisik. Ketika memilih HDV, akan ditemui peringatan yang kurang lebih mengatakan bahwa Windows tidak bisa diinstal, namun pilih next saja ( hehehe,, wah tadi bila Anda tidak membaca step ini, bisa pusing tujuh keliling tuh.. kebingungan! ). 
 Komputer akan ter-restart secara otomatis oleh Windows setelah menginstal Windows 8, setelahnya Anda bisa saja memilih Windows 8 Consumer Preview di boot manager. Anda pun sekarang bisa pergi “berpetualang” ke Windows 8 di PC kalian sendiri. Perlu Anda tahu bahwa Windows 8 Consumer Preview memiliki ukuran hingga 10,5 GB. Itupun berkemungkinan bertambah karena sudah menggunakan opsi Dynamically Expanding.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Efek Blog